728 x 90



Pelatihan Asesor Kompetensi Bersertifikasi BNSP

  • 29 July 2017
Pelatihan Asesor Kompetensi Bersertifikasi BNSP

JAKARTA- Pada 8-11 Ju­ni 2015 diselenggarakan kursus asesor kompetensi bersertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Ser­tifikasi Profesi (BNSP), di Hotel Patrajasa, Jakarta. Kursus ini dibuka oleh HSSE Re­finery Manajer, Boedi Se­tiono.

Kursus asesor kom­pe­tensi yang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi LSP LSK K3 ICCOSH dan BNSP ini diikuti oleh pekerja dari semua fungsi di seluruh Refining Unit Direktorat Pengolahan. Tujuannya, untuk mendidik calon asesor kompetensi agar bisa melakukan uji kompetensi dengan po­la yang berstandar internasional.

Asesor kom­peten­si bersertifikasi BNSP lebih menjamin uji kompe­ten­­si dilakukan de­ngan independen, teliti dan sis­tematis dengan memban­dingkan bukti-bukti kom­petensi sudah masuk dalam standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dan stan­dar Internsional yang berlaku.

Pada akhir kursus, pa­ra pe­serta kursus asesor kompetensi ini diuji oleh master asesor independen dari BNSP, dan bagi yang lulus dan dinyatakancertified akan diberikan sertifikat BNSP.

Para lulusan asesor kompetensi BNSP ini menjadi asesor uji kompetensi untuk bidang K3 Migas yang akan diikuti oleh pekerja-pekerja di lingkungan Refining Unit. Beberapa kompetensi di bidang K3, antara lain adalah Operator K3 Migas, Pengawas K3 Migas, Pengawas Utama K3 Migas, Ahli Investigasi, Auditor SMK3, Ahli Ha­zops, Safetyman Migas, K3 Scaffolding, Bekerja di ketinggian, Fireman, Gas Tester, dan beberapa keahlian berstandar SKKNI lainnya. Bertindak sebagai instruktur dan narasumber pada kur­sus asesor kompetensi ini ada­lah Dr. Ir. Nesyandri yang ditunjuk oleh BNSP.

Untuk merealisasikan uji kompetensi, sesuai program HSSE Refining, di setiap Refining Unit akan dibuat Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang certified dan lisensi oleh BNSP dan LSP LSK K3 ICCOSH dan berdasarkan sistem mutu yang sesuai dengan Pedoman Mutu BNSP 206 dan Pedoman LSP LSK K3 ICCOSH.

Pada kesempatan ini Boedi Setiono menyampaikan komitmen manajemen Direk­torat Pengolahan untuk meningkatkan pengelolaan kompetensi untuk bidang keahlian K3 yang sasaran utamanya meningkatkan pencapaian kinerja bidang K3 di lingkungan Direktorat Pengolahan.

 

sumber : BUMN.go.id